W
A J A H
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia, halaman 1266 : wajah adalah 1. bagian depan dari kepala roman muka, muka
. 2. Tokoh, pemain .3. gambaran, corak.
Dalam AlQur’an
kata wajah dapat ditemui dalam surat al Ghosyiyah ayat 2
dan 8. Ayat tersebut menyebutkan kata wujuh , jama; dari kata wajh, yakni muka.
Yaitu bagian badan yang cukup jelas ini sering kali diartikan totalitas diri
manusia, karena dengan melihat wajah, anda dapat mengenal seseorang walau
seluruh badannya tertutup. Sebaliknya kemungkinan besar anda tidak mengenal
seseorang yang tertutup wajahnya walau
seluruh badannya terbuka. Disisi lain wajah adalah bagian badan manusia yang
dinilai paling terhormat. Disamping itu wajah (air muka ) mencerminkan keadaan
batin seseorang, seperti rasa gembira, sedih, angkuh, hina dan sebagainya.
Wajah yang kita
miliki sekarang ini kalaupun kelihatan gembira, sedih, angkuh, hina dan lain
sebagainya semua itu adalah semu belaka
, kan bisa dibuat-buat gembira, dibuat-buat sedih, senang dan lainnya, tetapi di akhirat
nanti tak ada yang semu , tetapi semuanya menjadi kenyataan yang menunjukkan
perilaku ketika hidup didunianya. Perhatikan ayat Alqur;an berikut ini :
هل
اتاك حديث الغاشية – وجوه يومئذ خاشعة – عاملة ناصة – تصلي نارا حامية – تسقي من
عين انية – ليس لهم طعام الا من ضريع – لا يسمن ولا يغني من جوع –
Artinya : Sudah
datangkah kepadamu wahai Nabi Muhammad berita tentang Al Ghosyiyah ? yaitu hari kiamat yang kedasyatannya
menjadikan manusia kehilangan ingatan dan kesadaran ? banyak muka-muka yakni
manusia durhaka pada hari itu tunduk terhina karena malu terbuka kedoknya dan
takut menghadapi siksa. Mereka bekerja keras untuk menghindar tetapi tanpa
hasil, atau bekerja keras lagi kepayahan karena terbelenggu kaki dan tangannya
oleh rantai-rantai anjang dan berat. Kerja keras ini adalah akibat sewaktu
mereka hidup di dunia mereka hidup berleha-leha tidak mengalami kepayahan dalam
beribadah guna mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mereka memasuki secara hina
dina dan dengan terpaksa api neraka yang sangat panas. Kalau kehausan mereka
diberi minum oleh penjaga-penjaga neraka dengan air mendidih dari sumber yang
sangat panas. Didalam neraka itu mereka sangat kelaparan mereka mohon makanan
tetapi mereka tidak memperoleh makanan selain dari dlori' yakni pohon yanag berduri
yang binatangpun enggan memakannya. Makanan itu tidak berguna sedikitpun karena
ia adalah makanan yang tidak menggemukkan karena ia tidak bergizi sehingga
tidak menghasilkan energy dan tidak pula menghilangkan lapar, namun demikian
mereka terpaksa memakannya untuk menutupi rasa lapar mereka, atau karena api
yang membakar perut menjadikan mereka terpaksa memakan sesuatu yang mereka
harapkan dapat mengurangi jilatan api.
Kata hal biasanya digunakan untuk kata bertanya, apakah
, tetapi banyak ulama mengartikannya dengan sudahkah, Diriwayatkan oleh
Ibnu abi Hatim melalui Umat Ibnu Maimun , bahwa suatu ketika Rasulullah
berjalan tiba-tiba beliau mendengar seorang wanita membaca surat ini ( hal
ataa ka hadisul ghasyiyah ) maka Rasul berhenti untuk mendengarkannya
sambil berkara : benar, telah datang kepadaku beritanya “.
Kata al
ghasyiyah “ dari kata yaghsya , awalnya berarti menutup, alghasyiyah
adalah sesuatu yang menutup secara mantap. Yang dimaksud adalah bahwa peristiwa
hari kiamat mengakibatkan tertutupnya akal dan kesadaran manusia akibat rasa
takut yang sedemikian mencekam. Digambarkan dalam surat al Hajj. Ayat 1 dan 2.
يا
ايها الناس اتقوا ربكم –ان زلزلة الساعة شئ عظيم – يوم ترونها تذهل كل مرضعة عما
ارضعت وتضع كل ذات حمل حملها وتري الناس سكري وما هم سكري
ولكن عذا الله شديد
Hai manusia
bertaqwalah kepada Tuhanmu, sesungguhnya goncangan hari kiamat adalah sesuatu
yang sangat agung. Pada hari kamu melihatnya lengah semua wanita yang sedang
menyusui dari anak yang disusuinya dan semua yang memiliki kandungan
menggugurkan kandungannya, dan engkau melihat manusia mabuk , padahal
sebenarnya mereka tidak mabuk , akan tetapi adzab Allah sangat keras.
Aniyah, yaitu telah
mencapai puncaknya dalam kepanasan., ditempat lain Allah melukiskan keadaan minuman air yang disuguhkan kepada
orang-orang kafir sebagai “ mereka diberi air yang mendidih sehingga mencabik-cabik usus mereka QS.
Muhammad ayat 15.
Haamiyah, berarti panas,
yaitu panasnya mencapai puncak.
Kata dhari’,
adalag sejenis tumbuhan berduri yang telah kering dan ketika itu ia menjadi
racun. Unta pun yang merupakan salah satu binatang darat yang paling mampu
memakan duri, enggan memakannya. berikut Ayat 8 s/d 16 selanjutnya menyatakan :
وجوه
يومئذ ناعمه – لسعيها راضية – في جنة عالية – لا تسمع فيها لغية –فيها عين جارية –
فيها سرر مرفوعة – واكواب موضوعة – ونمارق مصفوفة – وزرابي مبثوثة -
Banyak muka-muka
pada hari itu berseri-seri, terhadap usahanya ia riddo, Didalam surga yang tinggi,. Engkau
tidak mendengar didalamnya yang tidak berguna. Didalamnya ada mata air yang
mengalir. Didalamnya ada tahta-tahta yang ditinggikan dan gelas-gelas yang
terhidang dan bantal-bantal sandaran yang tersusun, dan permadani-permadani
yang terhampar.
Kata surur
jamak dari sariir, yaitu tempat duduk sekaligus tempat bersandar yang
cukup luas, sehingga dapat digunakan untuk berbaring, atau ranjang/tempat
tidur.
Marfu’ah,
ditinggikan, yaitu tahta-tahta itu ditinggikan sedemikian rupa oleh Allah
sehingga menjadi tempat yang sangat nyaman. Al Biqo’i menuturkan bahwa ;
tahta-tahta itu serupa dengan langit tanpa cagak cagak yang menopangnya.
Menurut riwayat ibnu Abbas, bahwa tahta- tahta itu antara lain : ia dapat turun naik sehingga bila akan
ditempati ia turun secara otomatis lalu naik meninggi ke tempatnya.
Laghiyah, dari
kata lagha, berarti batal, yakni sesuatu yang seharusnya tidak ada/ ditiadakan.
Jadi kalau al laghw saja tidak ada, maka tentu lebih-lebih keributan,
pertengkaran dan dosa.
Maudlu’ah ,
diletakkan di dekat sumber minuman yang ia inginkan bagi peminumnya.
Zaroobiy, adalah bentuk jama' dari zirbiyah, kata dari
sebuah nama kota Azerbaijan salah satu wilayah di dekat Bukhara yang dahulu
bagian dari Persia (Iran ) lalu masuk ke
Uni Suvyet yang sekarang berdiri sendiri menjadi Negara republic. Azerbaijan
adalah terkenal sampai sekarang dengan kerajinan permadani yang sangat indah
dan berkwalitas tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar